Cari Acara

Kegiatan

14 Juli 2015

9 Lagu untuk Menemani Anda Menulis

9 Lagu untuk Menemani Anda Menulis

Menulis merupakan konspirasi yang manis antara otak dan perasaan Anda, serta didukung seluruh indera. Dalam hal ini, indera pendengaran juga memberi kontribusi yang tidak sedikit. Banyak penulis yang menulis sambil ditemani alunan musik yang mampu merangsang mereka untuk lebih tekun, dan kreatif.

Mengenai musik dan produktivitas ini, pada 23 Oktober 2014, ada sebuah artikel dari The Telegraph yang menarik. Artikel tersebut membahas sebuah studi yang dilakukan oleh Mindlab International mengenai hubungan antara musik dan produktivitas. Dr. David Lewis, seorang neuropsikolog, sekaligus pemimpin Mindlab International mengatakan, “Musik merupakan alat yang sangat kuat untuk meningkatkan bukan saja efisiensi kerja, tapi juga kondisi mental, emosional yang lebih positif.”

Berdasarkan riset yang dilakukan perusahaan tersebut, 9 dari 10 pekerja menampakkan performa kerja yang baik ketika mereka mendengarkan musik. Sekian jenis musik diperdengarkan dalam riset tersebut, untuk melihat karakter musik dan “kontribusi” yang dihasilkan secara psikologis.

Jika Anda sedang menulis sesuatu, Anda bisa mempertimbangkan hasil riset dari Mindlab International ini. Berikut adalah musik yang bisa menemani Anda kala bekerja:

Musik Klasik: Jika Anda Berkutat pada Hal-hal yang Membutuhkan Ketelitian pada Detail. Musik Klasik terbukti cukup membantu ketika Anda berurusan dengan data dan hal-hal seputar angka. Anda akan terbantu menjadi lebih akurat dalam berhitung dan menganalisis. Selain itu, musik ini juga membantu Anda dalam mengecek ejaan.

Musik Pop: Jika Anda Sedang Mengejar Deadline. Musik Pop terbukti bisa mempercepat pengerjaan tugas. Musik pop juga merangsang Anda untuk segera memperoleh inspirasi. Dengan musik pop, Anda juga bisa melakukan kegiatan pengecekan ulang dengan lebih cepat. Mungkin karena ketika orang cenderung gembira (sambil bersenandung), tugas jadi bisa lebih cepat selesai.

Ambient Music: Jika Anda Sedang Memecahkan Suatu Persoalan. Ambient music biasanya adalah musik-musik instrumentalia (sering menggunakan alat musik tradisional) yang menitikberatkan pada penciptaan suasana tertentu (biasanya suasana rileks). Jika saat ini, tulisan Anda sedang memasuki bagian yang paling pelik, Anda bisa mencoba memutar musik-musik semacam ini.

Dance Musik: Jika Anda Sedang Melakukan Proof-reading dan Problem Solving. Genre ini membuat Anda bisa lebih cepat melakukan segala pekerjaan yang berhubungan dengan pengecekan dan pencarian solusi suatu problem. Jika Anda sedang buntu (writer’s block), putarlah musik-musik dance (mungkin juga sambil menggerakkan badan).

Berdasarkan kategori di atas, apa saja lagu-lagu pilihan redaksi Grasindo? Berikut ini terdapat 10 lagu yang masuk daftar lagu pilihan untuk menemani Anda menulis.

Bagaimana dengan Anda? Apa playlist Anda?

 

 

comments powered by Disqus
Loading