‹ Kembali

Profil Penulis

Mathilda AMW Birowo

Profil Penulis ‹ Kembali

Mathilda AMW Birowo

Selama 30 tahun menggeluti bidang public relations di beberapa grup perusahaan, mulai dari Kelompok Kompas Gramedia, Raja Garuda Mas Group, Lippo Group, dan Bank CIMB Niaga. Aktif sebagai pembicara dalam berbagai forum komunikasi termasuk mengajar di Universitas Indonesia, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Bakrie, dan Akademi Televisi Indonesia (ATVI), serta Kursus Perkawinan KAJ. Pengalaman berorganisasi di Bank Nasional), PERHUMAS (Perhimpunan Hubungan Masyarakat), FORKAMAS (Forum Komunikasi Humas Perbankan yang dikelola Bank Indonesia), dan Dewan Pengurus Pusat Wanita Katolik RI.

Dalam bidang pendidikan, mengembangkan modul dan proyek Mini Banking di FISIP Universitas Indonesia (UI), 2001 dan Lab Bourse Game, 2007 untuk Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI). Keduanya merupakan program Corporate Social Responsibility dari LippoBank (saat ini Bank CIMB Niaga) dan menjadi salah satu kegiatan pertama yang merambah dunia universitas saat itu.

Sejak 2012, Mathilda diperbantukan pada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, dalam penerbitan buku-buku di bawah koordinasi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik. Di samping itu, bersama sahabat-sahabat praktisi komunikasi, mengembangkan PR Consultancy dengan bendera Anyes Bestari Komunika (ABK). Kemampuan menulis diasah sejak tahun 1981, berbagai artikel dan opininya dimuat di media seperti Kompas, Bisnis Indonesia, Media Indonesia, dan Femina.

Sejak fokus di bidang pendidikan, per 2012 Mathilda aktif menulis buku ajar dengan format populer. Buku Becermin Lewat Tulisan (2012) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama memaparkan tentang kekuatan sebuah tulisan disertai teknik-teknik praktis menulis berbagai bentuk tulisan kehumasan. Selanjutnya buku 1001 Virus Cinta Keluarga (2013) terbitan PT. Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo) mengulas tentang pengaruh teknologi informasi, ancaman keluarga-keluarga masa kini dan penanggulangannya dari segi komunikasi. Ia juga terlibat dalam penyusunan buku-buku terbitan Kominfo, antara lain tentang bahaya merokok, pornografi, narkoba, HIV/AIDS, trafficking; pendidikan anti korupsi; pemilih pemula dan Empat Konsensus Dasar. Kemudian pada akhir tahun 2014 bersama Indah Soekotjo menerbitkan karya buku berjudul Brand Yourself yang diterbitkan oleh Grasindo.

Memperoleh gelar Sarjana Komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI). Pada waktu bersamaan, Ia juga mengikuti perkuliahan di Fakultas Sastra Belanda UI. Melalui beasiswa dari LippoBank menyelesaikan S2 dari London School of Public Relations. Meraih beberapa penghargaan antara lain Pramuniaga Teladan—Jakarta Fair 1982; None Jakarta Barat 1985, Indonesian Wonder Woman 2014 dari UI, dan pemenang berbagai lomba penulisan serta public speaking. 

comments powered by Disqus
Loading