‹ Kembali

Profil Penulis

Silvester Goridus Sukur

Profil Penulis ‹ Kembali

Silvester Goridus Sukur

My dearest readers all over the globe, pleased to be able to greet you and meet you through this Website. Nama saya Silvester. Nama yang sebenarnya tidak saya sukai. Kenapa? Karena dengan nama ini saya selalu diledek orang banyak. Oleh peserta pelatihan saya. Oleh mahasiswa saya. Oleh para siswa saya. Apa yang mereka katakan? Mereka cuma bilang gini, “woalah Pak… Pak. Namanya keren, tapi badannya kecil. Kirain, Silvester kayak Sylvester Stallone dalam film Rambo”. Tapi  apa daya.  Nama itu adalah nama warisan nenek moyang. Alias diberikan ketika saya masih bayi. Jadi, saya harus terima dan menghormati. Lengkapnya Silvester Goridus Sukur.

Saya lahir di Lengkowae. Sebuah lembah yang amat sejuk dan sangat indah di dekat Kampung Paang Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, NTT. Kata ahli nujum, tanggal kelahiran saya keren karena 11 - 11 alias 11 November. Tahun 1968. Benar atau tidak, entah. Hanya Tuhan yang tahu pasti.

Saya tidak pernah mengenyam pendidikan Taman Kanak-kanak (TK). Zaman itu mana ada TK di Flores. Masuk SD pun amat terlambat, yaitu ketika umur 8 tahun. Itu pun masih ditolak juga sehingga saya masuk SD umur 9 tahun. Kok bisa? Karena kelas terlalu penuh dengan siswa yang umurnya lebih tua daripada saya, yakni 10 tahun ke atas baru masuk SD kelas 1.

Hidup itu sebuah perjuangan. Jenjang Sekolah Dasar bagi saya juga merupakan sebuah perjuangan kalau tidak mau dikatakan sebuah penderitaan. Saya menghabiskan jenjang SD hampir atau mungkin 7 tahun karena terjadi perubahan tahun akademi kala itu. SD saya jauhnya puluhan kilo dari kampung saya, melewati hutan, lembah, sungai, dan bebukitan. Berangkat jam 5 dari sekolah dan tiba pukul 6.45 di sekolah. Jalan kaki. Untunglah saya bisa lulus SD sebagai lulusan terbaik.

Tahun 1984 saya masuk SMP Immaculata Ruteng dan lulus tahun 1987. Ada angin segar di jenjang pendidikan ini. Karena sudah bisa pacaran. Cinta monyetlah istilahnya. Nilai pas-pasan tapi gencar pacaran. Beruntung masih bisa lulus SMP dengan memuaskan pada tahun 1987.

Selepas SMP, saya masuk Seminari Menengah Yohanes Paulus II Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, tahun 1990. Labuan Bajo itu sangat dekat dengan Pulau Komodo, habitat asli makluk purba yang sohor itu, Biawak Komodo. Saya masuk Seminari ini karena semula saya ingin menjadi pastor atau imam Katolik. Tapi rupanya Tuhan tidak berkenan. Sehingga saya tidak direstui untuk menjadi imam.

Karena itu, saya berubah haluan. Saya nekat ke Jawa dengan tujuan utama Yogyakarta. Sejak saya SMP, Jogjakarta sudah terkenal ke seluruh pelosok Indonesia termasuk Flores. Terkenal sebagai Kota Pendidikan. Dan tujuan saya hanya satu. Masuk Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada Yogyakarta atau SAMA SEKALI TIDAK KULIAH. Beruntunglah, pada tahun 1991 saya diterima di Sastra Inggris UGM, meskipun harus bersaing ketat mengalahkan sekitar 3600 peserta lain hanya agar bisa masuk dalam saringan sejumlah 30 mahasiswa Jurusan Sastra Inggris.

Secara resmi saya lulus dari Sastra Inggris UGM pada medio 1996 sebagai lulusan terbaik Sastra Inggris UGM saat itu. Sempat cuti kuliah selama 1 semester karena kekurangan biaya kuliah. Beruntunglah, saya bisa mulai bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris papan atas di Yogyakarta, yaitu ELTI KOMPAS GRAMEDIA pada awal 1995.

Saya mulai bergabung dengan ELTI Gramedia Yogyakarta sejak 1995 awal. Hidup itu adalah sebuah proses pembelajaran. Itu pulalah yang saya alami di ELTI Gramedia Yogyakarta. Di lembaga inilah saya belajar sebagai guru, sebagai user of English, sebagai praktisi sekaligus sebagai seorang ilmuwan bahasa Inggris. Meskipun sempat menjadi Dosen Luar Biasa di Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan beberapa kampus lain di Yogyakarta, jalan hidup saya menggariskan saya untuk tetap ada bersama ELTI Gramedia hingga kini. Saat ini saya menjadi Branch Manager ELTI Gramedia Yogyakarta.

Di luar tanggung jawab sebagai Manager ELTI, saya sering memberikan pelatihan bidang pendidikan bahasa Inggris kepada para guru di berbagai kota besar di Indonesia. Pernah juga  menjadi instruktur bahasa Inggris di GE Lighting Indonesia Yogyakarta (1995-1996), Rumah Sakit Sardjito dan PT Sampoerna Yogyakarta (1996), Departemen Sosial dan KPPPN Yogyakarta (1997), Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) Yogyakarta (1998), Bank BNI ‘46 Yogyakarta (1998-1999), Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerbitan Yogyakarta (1999-2001), dan Galang Foundation Yogyakarta (1999-2001). Ia pun sempat menjadi instruktur bahasa Inggris untuk sejumlah dosen Antropologi dan Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya UGM Yogyakarta (1999-2000), Fakultas Biologi, serta Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (2001-2004). Pernah pula menjadi penatar guru-guru bahasa Inggris SMP se-provinsi DIY bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Propinsi DIY (2000), menjadi pembicara dalam seminar/simposium nasional dan internasional bidang bahasa dan pengajaran bahasa Inggris, dan menjadi freelance editor untuk Penerbit Gramedia Jakarta dan Penerbit Indonesia Tera Magelang.

Sebagai penulis buku, saya sudah menulis lebih dari 100 (seratus) judul buku best seller bidang bahasa Inggris yang dtierbitkan oleh oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Penerbit Grasindo Jakarta, Penerbit Mizan Bandung, Penerbit BIP Jakarta, Penerbit Galang Press Yogyakarta, Penerbit Indonesia Tera Yogyakarta, Penerbit Kanisius Yogyakarta, Penerbit Kalarana Press Yogyakarta, dan lain-lain. Selain aktif menerjemahkan dokumen-dokumen legal dan berbagai dokumen ilmiah, saya juga aktif menerjemahkan puluhan buku yang antara lain diterbitkan oleh Penerbit Kanisius Yogyakarta, Penerbit Galang Press, dan Penerbit Bentang Budaya Yogyakarta. Ilmu itu adalah adalah jendela untuk bisa mengintip dunia. Karena itu, saya tidak pernah berhenti belajar baik secara formal maupun informal. Sadar akan hal ini, setelah menjadi lulusan terbaik dengan predikat Cumlaude dari Program Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta bidang Pendidikan Bahasa Inggris, saya melanjutkan Program Doktor (S3) bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dengan konsentrasi Ilmu Pendidikan Bahasa Asing/Inggris di Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Well readers, that’s about me. Free consultation can go to silvester_gs@yahoo.com.   

comments powered by Disqus
Loading