‹ Kembali

Profil Penulis

Yusup Priyasudiarja

Profil Penulis ‹ Kembali

Yusup Priyasudiarja

Penulis lahir 5 September 1969 di Kalibawang, Kulonprogo Yogyakarta. Lulus dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta tahun 1994. Sejak tahun 1992 bekerja di ELTI Gramedia Yogyakarta dan mulai  1995 dipercaya sebagai koordinator akademik untuk program English for Active Communication (EAC). Mulai Juli 2005 dipromosikan menjadi Koordinator akademik pada program English for Specific Purposes (ESP) dan banyak menangani program in-company training. Pernah bekerja sebagai dosen di LPK Budya Wacana tahun 1998 – 2000. Di ELTI Gramedia, penulis juga dipercaya sebagai tim inti rekruitmen staf akademik dan memberi training bagi staf akademik di ELTI Yogyakarta, Solo, dan Semarang dan cabang lain di seluruh Indonesia. Karena prestasinya dalam dunia tulis-menulis, pada tahun 2012 penulis dipromosikan menjadi Material Development Manager yang bertugas untuk merancang semua materi pelatihan di semua cabang ELTI Gramedia di Indonesia. Di samping itu, penulis juga berpengalaman mengajar kelas-kelas TOEFL, TOEIC, IELTS, English for Job Interviews, academic writing, academic reading, English for kids, English for Presentation dan Conversation. Pernah menjadi instruktur bahasa Inggris untuk dosen fakultas MIPA Yogyakarta, karyawan bank BTPN serta memberikan pelatihan pengajaran bahasa Inggris kepada guru-guru bahasa Inggris SD/SMP se-DIY. Mengajar translation class untuk para dosen di FIP UNY Yogyakarta dan memberi motivation training untuk para dosen di Jurusan Informatika UPN Yogyakarta. Pernah pula mengajar kelas TOEFL di MM UGM, dan IELTS di program Pasca Sarjana UGM. Di samping mengajar, penulis juga sering menjadi pembicara dalam pengajaran bahasa Inggris dan workshop kepenulisan.

Penulis mulai aktif menulis sejak tujuh tahun terakhir, dimulai dengan menulis cerpen. Karya cerpennya dengan judul “Perempuan yang Terluka” masuk dalam antologi Filantropi FKY 2001. Cerpen lainnya “Sketsa Wajah” masuk dalam antologi cerpen Bupadi Pedro Lelaki Kota Rembulan tahun 2001. Karya cerpen lainnya pernah dimuat di majalah Familia, harian Solopos, Sriwijaya Pos dan Sinar Harapan. Pernah menjadi pemenang pertama lomba penulisan artikel ilmiah yang diselenggarakan dalam rangka Hari Aksara Internasional XXXVII tahun 2002 tingkat kota Yogyakarta. Aktif juga menerjemahkan beberapa buku seperti Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme karya Max Weber (Promothea Surabaya), Manusia Satu Dimensi karya Herbert Marcuse (bersama Silvester G. Sukur; Promothea Surabaya), novel Perempuan Yang Dihancurkan karya Simon de Beauvoir (Bentang Budaya), dan beberapa karya Kahlil Gibran Orang-orang tercinta, Drama Manusia, Taman Sang Nabi, Jiwa-jiwa kehidupan (Bentang Budaya). Menulis resensi buku di harian berbahasa Inggris The Jakarta Post, beberapa artikel bisnis di Harian Bernas Yogyakarta dan artikel pendidikan di harian Kompas.

Bukunya yang sudah terbit berjudul Frequently Confused English diterbitkan penerbit Gramedia Pustaka Utama, Smart Answers in Job Interviews (Jawaban Cerdas Saat Wawancara Kerja), 18 Strategi Jitu Memahami Teks Berbahasa Inggris, 70 Cara Jitu Membuat Kalimat Percakapan Bahasa Inggris dengan Grammar Tepat, Strategi Jitu Menguasai Percakapan Bahasa Inggris, Solusi Pintar Mengerjakan Soal Bahasa Inggris SMP (bersama Banu Hasta Kunjana), 70 English Games - Fun and Learning (bersama Y. Sri Purwaningsih), diterbitkan Penerbit Andi, Successful Presentation in English, 50 Ungkapan terpenting untuk Percakapan Bahasa Inggris, Anak-anak Jago Ngomong Inggris, Cara Mudah Menembus Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris, English Rocks at School diterbitkan Kaifa Al-Mizan Bandung, Ngomong Inggris? Gampaang, Kamus Gaul Percakapan Bahasa Inggris (Indo-Inggris), Nasreddi’s Funniest Stories dan Cara Gaul Kuasai TOEFL (bersama Y. Sri Purwaningsih), Cara Gaul Kuasai Grammar Bahasa Inggris, Ngobrol Inggris Anak Sekolahan, Strategi Jitu Meraih Skor TOEFL 600 dalam Sebulan, Kamus Gaul Percakapan Bahasa Inggris – Inggris- Indonesia diterbitkan oleh Penerbit Kaifa, Al-Mizan, Bandung, Express your feelings with Romantic English, Pintar Bahasa Inggris dengan Mind-map, Inggris Gaul (bersama Y. Sri Purwaningsih), 7 Langkah Pintar Cepat Ngomong Bahasa Inggris. diterbitkan oleh Penerbit Indonesia Tera. Penulis juga terlibat aktif dalam penulisan 7 buku English for Kids, 6 buku Communicative English for SLTP dan 10 buku English for Active Communication yang diterbitkan untuk kalangan sendiri di lingkungan ELTI Gramedia.

Saat ini, penulis juga aktif sebagai administrator forum belajar bahasa Inggris gratis di Facebook dengan nama grup English Lesson for Today yang mempunyai lebih dari 6.500 anggota.

Social Media Penulis

Facebook

comments powered by Disqus
Loading